Seputar Pembukuan yang Harus Anda Ketahui

Pembukuan sangat penting bahkan saat ini penggunaan pembukuan memang sudah tidak asing lagi pada ruang lingkup kerja. Hal ini dikarenakan pembukuan terkait erat dengan berbagai masalah keuangan dan pelaporan yang membantu dalam arsip dokumen. Oleh karena itu, sangatlah dibutuhkan suatu sistem pencatatan yang mudah untuk dimegerti.

Seputar Pembukuan yang Harus Anda Ketahui

Artikel Pembukuan

By FR Consultant Indonesia | Artikel Pembukuan

Apa itu Pembukuan?

Sebelum belajar pembukuan, Anda harus paham terlebih dahulu mengenai definisi dari pembukuan. Dalam UU Nomor 28 Tahun 2007 pasal 1 ayat 29, Pembukuan merupakan suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut.

Pentingkah Pembukuan itu?

Pembukuan sangat penting bahkan saat ini penggunaan pembukuan memang sudah tidak asing lagi pada ruang lingkup kerja. Hal ini dikarenakan pembukuan terkait erat dengan berbagai masalah keuangan dan pelaporan yang membantu dalam arsip dokumen. Oleh karena itu, sangatlah dibutuhkan suatu sistem pencatatan yang mudah untuk dimegerti.

Akan tetapi, pembukuan yang sederhana belum tentu mudah dipahami, karena mungkin saja informasi yang disajikan tidak mencukupi. Nah, salah satu dari metode yang banyak digunakan dalam pembukuan itu adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi yang dikenal dengan Microsoft Excel. Meskipun menggunakan excel ini tidak mampu meng-update data secara otomatis, namun excel sudah mampu menyediakan berbagi tool penting untuk penyelesaian pencatatan keuangan, misalnya penagihan atau kalkulasi transaksi. Walaupun fiturnya tidak selengkap software akuntansi, namun excel masih bisa untuk Anda andalkan.

Pembukuan Sederhana Dengan Menggunakan Excel

Tentunya setiap organisasi atau badan usaha memiliki kriteria dan jenis pembukuan yang berbeda – beda. Namun, dengan menggunakan Microsoft excel ini Anda dapat tebantu dalam proses awal pembuatan pembukuan yang lebih sederhana dan mudah dibuat.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tool excel. Untuk Anda yang ingin membuat pembukuan sederhana. Pertama adalah klik cell. Tekan kursor pada cell manapun yang Anda kehendaki. Lalu, masukkan data ataupun informasi. Sebelumnya, kelompokkan dulu data berdasarkan apa informasi data. Misalnya Anda ingin membuat pembukuan jualan minuman, maka pada cell nantinya Anda harus membuat nama minuman, harga minuman, jumlah minuman yang dibeli serta total rupiah yang didapatkan. Anda bisa mengelompokkan dengan nama apapun tergantung dengan kebutuhan, karena batas cell di excel sangat banyak.

Excel memang merupakan aplikasi pembukuan yang sangat mudah dioperasikan. Karena orang awam pembukuan akan dengan mudah melakukan operasi pembukuan dengan menggunakan excel. Walupun terlihat fleksibel, ternyata excel memiliki beberapa kelemahan yang bisa jadi pertimbangan Anda nantinya. Berikut adalah kelemahan menggunakan excel dalam pencatatan pembukuan.

 Faktor Keamanan

Faktor keamanan yang dimaksud adalah rawan terkena virus. Sehingga nantinya akan beimbas pada kehilangan data.

 Harus Paham Rumus Excel

Untuk mengoperasikan perjumlahan dan sebagainya di excel, Anda harus mengetahui rumusnya. Sehingga, perlu pemahaman dasar sebelum menjalankan perhitungan. Dan bagi orang awam agaknya harus perlu belajar sedikit mengenai excel. Jika tidak, pasti akan lama jika membuat laporan keuangan secara manual (tanpa menggunakan rumus).

 Human Error

Dikarenakan pembukuan ini dilakukan oleh manusia, tentu pasti ada peluang terjadinya kesalahan yang tidak terdeteksi oleh aplikasi excel.

 Memerlukan Waktu yang Lebih Lama

Dikarenakan tool yang digunakan sederhana. Untuk pembukuan yang lebih rumit akan berimbas pada penyajian laporan keuangan yang cukup lama.

Pembukuan Keuangan Badan Usaha Milik Desa

Tidak hanya perusahaan atau badan usaha saja yang menggunakan pembukuan. Ternyata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga termasuk lembaga keuangan desa yang menjalankan bisnis keuangan guna memenuhi kebutuhan usaha mikro yang dijalankan oleh masyarakat desa.

Berdasarkan peraturan pemerintah, BUMDes ini wajib membuat laporan keuangan pada setiap bulan dengan jujur dan transparan. Selain itu, juga wajib untuk memberikan laporan perkembangan usaha mikro tersebut sekurang-kurangnya dua kali dalam satu tahun.

Berikut adalah tujuan dari dilakukannya pembukuan pada unit desa

 Mengetahui Perkembangan Usaha

Pembukuan dimaksudkan untuk mempermudah dalam melihat perkembangan usaha mikro dari waktu ke waktu, misalnya dari perkembangan omzet penjualan, laba atau rugi serta struktur permodalan.

 Mengetahui Kerugian

Nah, dari pembukuan dapat dievaluasi dan dinilai hal – hal apa saja yang memiliki kemungkinan kerugian sejak awal, sehingga gulung tikar dapat dicegah dan dihindari.

 Mengetahui Inventory

Melalui pembukuan juga dapat mempermudah mengetahui kondisi serta jumlah persediaan barang maupun jasa setiap saat. Sehingga, hal ini dapat digunakan dalam menyusun strategi manajemen persediaan. Jika pada unit usaha dagang yang disebut persediaan adalah barang dagangan. Dan jika pada unit usaha industri yang disebut persediaan adalah bahan mentah, barang dalam proses maupun barang jadi. Sedangkan pada unit simpan pinjam yang disebut persediaannya adalah persediaan uang.

 Untuk mengetahui Arus Kas

Ini adalah yang terpenting. Melalui pembukuan, aparatur desa dapat mengamati sumber dan penggunaan dana BUMDes, sehingga hal ini sekaligus dapat dilakukannya evaluasi kinerja keuangan BUMDes.

Jadi, Perlukah Anda Pembukuan?


Untuk Anda yang masih awam dan masih butuh waktu untuk belajar pembukuan, maka jangan khawatir karena saat ini sudah ada layanan jasa pembukuan. Salah satunya adalah perusahaan FR Consulting Indonesia. Alamat website-nya frconsultantindonesia.com yang berlokasi di Jalan Haji Martan No. 68 Kelapa Dua Depok. Jika Anda tidak memiliki waktu ke lokasi tujuan, Anda juga bisa menghubungi perusahaan melalui layanan email di info@frconsultantindonesia.com dan juga melalui media sosial whatsapp/telpon di 0813-8228-9991 (nomor ini bisa digunakan untuk telpon dan whatsapp).

Sekian infomasi terkait pembukuan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami penggunaan pembukuan dan kegunaannya.