Mengapa Point Of Sales Penting Untuk Bisnis

point-of-sales

Mengapa Point Of Sales Penting Untuk Bisnis

Bisnis penjualan retail, resto, toko dimasa pandemi ini memang mengalami penurunan namun bukan berarti mati atau tutup, hanya saja perubahan karakter konsumen dalam berbelanja mengalami perubahan.

Dalam menyikapi perubahan tersebut, para pelaku bisnis mulai mengubah proses penjualan offline menjadi online. Saat ini banyak toko, retail dan resto yang hanya membuka beberapa outlet namun seluruh penjualannya 80% melalui online store seperti tokopedia, lazada, shoppe, GoFood, GrabFood, ShoppeFood, dll.

Tentunya perubahan pola konsumen tidak merubah pola pencatatan pembukuan yang harus tetap dilakukan untuk memonitor pertumbuhan bisnis kita. Nah salah satu tools yang diperlukan adalah Point Of Sales.

Apa itu Point of Sales? Point of sales atau POS adalah tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya POS berbentuk mesin, tablet, smarpthone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang digunakan untuk transaksi di toko. Di Indonesia mungkin sebutan yang paling umum adalah mesin kasir.

Awalnya, POS hanya berfungsi untuk membantu dan memudahkan para pemilik bisnis dalam menjalankan transaksi. POS bisa menghitung secara cepat, menyimpan uang, dan juga mencetak invoice atau struk bagi para pelanggan.

Kemudian seiring perkembangan teknologi, fitur POS bertambah. POS berevolusi menjadi tempat penyimpanan data customer, menghitung laba dan rugi, bahkan untuk merekap laporan penjualan.

Saat ini POS bukan sekadar mesin kasir lagi. POS telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk membantu para pemilik usaha.

Memiliki POS juga semakin mudah, tak perlu membeli alat khusus atau mesin kasir yang mahal. Hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet, kamu sudah bisa membangun sistem POS sendiri untuk bisnismu.

Pentingnya Sistem Point of Sales

Seberapa penting, sih, sistem POS dalam penjualan? Apakah tanpa adanya POS sistem transaksi akan lumpuh? Jika kamu masih menggunakan sistem tradisional dalam proses jual beli, tanpa menggunakan POS mungkin masih bisa berjalan.

Namun, sistem operasionalmu tidak akan efektif kalau kamu tidak ikut berkembang seiring berkembangnya era digital ini. Apalagi jika tokomu semakin besar dan semakin banyak jumlah barangnya.

Bayangkan saja, tanpa bantuan sistem POS kamu masih mencatat secara manual mulai dari stok, report, sampai catatan transaksi per harinya. Yakin semuanya akan terlaksana dalam waktu cepat? Sepertinya tidak.

Di sinilah pentingnya sistem POS yang akan menyingkat waktu para pemilik usaha dalam bekerja. Apa saja keuntungan dari sistem POS?

  1. Menyimpan harga barang
  2. Mencatat pendapatan, pengeluaran, dan laba
  3. Mencatat secara otomatis barang yang masuk dan keluar
  4. Menghemat budget dalam merekrut tim khusus karena dengan adanya sistem POS dapat dikerjakan sendiri

Sedangkan Fungsi dari Point Of Sales sebagai berikut :

  1. Memberikan pencatatan data yang lebih akurat dan lengkap – POS akan jauh lebih akurat dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Alasannya adalah karena sistem POS ini mampu mengintegrasikan seluruh proses penjualan menjadi satu sehingga data yang ditampilkan benar-benar akurat dan real-time. Dengan data yang kuat tersebut Anda akan bisa membuat ringkasan keuangan dan laporan penjualan, melakukan identifikasi tren penjualan dan pola permintaan produk musiman, dan masih banyak lagi lainnya dimana semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Kesalahan pun bisa diminimalisir, bahkan dihindari sama sekali
  2. Memberikan pencatatan pelaporan penjualan secara realtime – Alasan yang pertama adalah analisis. Data memang hanya sekelompok angka yang berbeda dan tidak memiliki tujuan tanpa terlibat analytic yang kuat dan juga sistem pelaporan. Dengan menggunakan POS ini data yang ditampilkan akan diekstrasi sehingga bisa menghasilkan informasi untuk mengungkapkan tren, kekuatan, kelemahan, dan juga solusi. Fitur analytic pada software POS tersebut juga mampu memberikan wawasan yang bermanfaat dan bisa memandu keputusan dalam bisnis yang tepat.
  3. Memudahkan pemilik bisnis dalam mengecek stok atau ketersediaan barang. – Alasan mengapa pebisnis wajib menggunakan POS ini karena semua fitur dalaman POS ini bisa menjangkau seluruh proses bisnis penjualan. Tidak hanya itu saja biaya untuk menggunakan sistem POS ini sangat terjangkau bahkan bisa dibilang murah berbeda dengan aplikasi penjualan lain yang memiliki harga lebih mahal. Selain itu aplikasi penjualan yang banyak beredar tersebut dijual secara terpisah-pisah dan tidak terintegrasi sehingga pembelian masing-masing aplikasi membutuhkan budget yang tidak sedikit.
  4. Dapat membantu melakukan perubahan harga produk dengan lebih cepat. – Point of Sales Software Indonesia ini akan menciptakan ketepatan dan juga kecepatan. Ketika berhubungan dengan bisnis penjualan, Anda akan terlibat dalam angka, penangana klien atau pelanggan, dan juga penanganan produk pada saat yang sama. Anda harus bisa menangani semuanya secara sekaligus sehingga cara manual akan membuat proses tersebut tidak bisa berjalan secara efektif karena rentan mendatangkan kesalahan atau human error. Berkat POIS ini Anda akan bisa mudah dalam menghapus semua proses manual yang terjadi di dalam bisnis karena Anda bisa mencatat transaksi, mengelola inventaris produk, dan juga bisa menganalisis pola penjualan dengan cara yang lebih akurat.
  5. Lebih mudah dalam mencetak bukti belaja atau struk – POS keamanannya lebih terjamin. Anda tidak perlu takut data bisnis Anda bocor ke pihak kompetitor karena keamanannya benar-benar terjamin. Software ini juga bisa menjamin keamanan laporan SKU atau Stock Keeping Unit yang akan mengikuti periode waktu, promosi dan pesanan, dan juga bisa fokus pada kinerja masing-masing staff.
  6. waktu yang lebih efektif dan efisien. – Point of Sales Software Indonesia ini akan menciptakan ketepatan dan juga kecepatan. Ketika berhubungan dengan bisnis penjualan, Anda akan terlibat dalam angka, penangana klien atau pelanggan, dan juga penanganan produk pada saat yang sama. Anda harus bisa menangani semuanya secara sekaligus sehingga cara manual akan membuat proses tersebut tidak bisa berjalan secara efektif karena rentan mendatangkan kesalahan atau human error. Berkat POIS ini Anda akan bisa mudah dalam menghapus semua proses manual yang terjadi di dalam bisnis karena Anda bisa mencatat transaksi, mengelola inventaris produk, dan juga bisa menganalisis pola penjualan dengan cara yang lebih akurat.

Langkah selanjutnya, bagaimana jika ingin membeli sistem POS?

Sebelum membeli apa pun, tentu saja kamu perlu memiliki wawasan terkait barang yang ingin kamu beli. Maka, lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum memilih sistem POS yang ingin kamu gunakan.

Kamu bisa membaca banyak review dari pemilik bisnis lain yang sudah menggunakan sistem POS. Informasi ini tersebar di internet tdan sangat mudah diakses.

Ketika pilihan kamu mulai mengerucut, pastikan kamu membaca fitur yang ditawarkan sistem POS tersebut dengan teliti. Bila perlu cobalah aplikasi trial atau uji coba terlebih dahulu sebelum membeli, untuk memastikan aplikasi tersebut benar-benar cocok dengan bisnismu dan bisa diandalkan.

Jika kamu membutuhkan referensi terkait sistem POS dengan fitur aplikasi wirausaha yang lengkap, kamu bisa menghubungi FR Consultant Indonesia untuk mendapatkan masukan dan saran terbaik untuk pemilihan Point Of Sales bisnis anda.