Mengapa Pembukuan Penting Bagi Perusahaan?

mengapa-pembukuan-penting-bagi-perusahaan

Mengapa Pembukuan Penting Bagi Perusahaan?

Mengembangkan suatu usaha merupakan hal yang tidak mudah. Ada berbagai strategi yang perlu dilakukan agar usaha yang dirintis bisa berkembang dan sukses.

Agar sebuah perusahaan dapat terus dikenal oleh konsumen dan dapat melakukan penjualan secara berkelanjutan memang dibutuhkan marketing yang handal. Marketing saat ini menjadi kebutuhan wajib dan dianggap sebagai ujung tombak yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan.

Namun, kebanyakan perusahaan hanya berfokus pada strategi marketing yang akan ditempuh. Padahal ada hal penunjang keberhasilan perusahaan lain yang tidak kalah penting, yakni pembukuan, baik secara manual ataupun dengan bantuan software pembukuan. Sebagai pemilik usaha, Anda perlu mengetahui pentingnya pembukuan untuk perusahaan. Pembukuan adalah proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan secara teratur dan terperinci.

Hal yang harus dikumpulkan dalam membuat pembukuan antara lain modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Secara singkat, hal ini dapat diartikan sebagai pencatatan transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi akibat dari aktivitas bisnis yang dilakukan.

Pembukuan ini nantinya akan diteruskan menjadi laporan keuangan. Mengapa Pembukuan Penting Bagi Perusahaan merupakan hal yang harus diperhatikan karena kerap kali pemilik bisnis mencampur keuangan pribadi dan perusahaan yang nantinya akan membingungkan pemilik bisnis.

Jika hal tersebut terjadi, mereka bisa saja menggunakan keuangan pribadi untuk perusahaan dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sekecil apapun bisnis yang digeluti, seorang pengusaha harus mengerti pentingnya pembukuan untuk perusahaannya. Dengan demikian, bisa diketahui hasil yang diperoleh dan mengalokasikannya untuk rencana usaha kedepannya.

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah sebuah proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk buku besar, jurnal, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan telah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan ketika masih berskala kecil agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Dengan adanya pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka sebuah bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat.

Baca juga : Apa Perbedaan Pembukuan dan Pencatatan? 

Alasan Mengapa Pembukuan Penting Bagi Perusahaan.

Melacak Pengeluaran

Anda pasti tidak mau jika uang Anda digunakan untuk hal-hal yang tidak jelas arah tujuannya. Begitupun dalam perusahaan dimana angka sekecil apapun akan diperhitungkan. Penting untuk perusahaan membuat pembukuan yang rapi agar setiap pengeluaran bisa diketahui dengan jelas. Ini akan sangat membantu untuk mengontrol pembelian yang tidak terlalu penting, menentukan harga jual yang akan dibuat, dan menentukan pajak yang harus dibayar.

Membantu Pembuatan Anggaran

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika Anda mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan, akan lebih mudah untuk membuat anggaran dengan bijaksana. Anggaran dapat membuka peta jalan keuangan untuk bisnis Anda sehingga dapat merencanakan pengeluaran di masa depan dan mengantisipasi biaya yang tidak terduga.

Pembayaran Pajak

Selain membantu penentuan berapa pajak yang akan dibayar, pembukuan juga akan mempermudah proses pembayarannya. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat langsung menyuguhkan informasi keuangan yang lengkap pada waktu yang dibutuhkan. Jadi, tidak akan ada drama mencari dan kehilangan tanda terima, faktur dan lain sebagainya pada perusahaan.

Membantu Analisis

Pembukuan yang lengkap dan terperinci akan menjadi pisau analisis bagi manajemen dan kinerja perusahaan. Anda juga akan terbantu dalam melaporkan arus kas masuk dan keluar dengan detail. Pembukuan akan memperlihatkan lini bisnis mana yang menghasilkan keuntungan dan mana yang tidak.

Mengetahui Jumlah Keuntungan Dan Kerugian

Peran pembukuan UMKM juga sangat penting untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian dalam usaha yang dijalankan. Data keuangan dari pembukuan akan menunjukkan bagaimana jumlah keuntungan dan kerugian yang didapatkan. Karena itulah, pengusaha wajib membuat pembukuan setiap periode agar mudah untuk mengetahui keuntungan dan kerugian usaha.

Mengetahui Jumlah Modal, Aset, Dan Hutang

Alasan lain mengapa pembukuan UMKM sangat penting adalah untuk mengetahui jumlah aset dan modal yang dimiliki. Besaran hutang perusahaan juga akan terlihat. Jadi pergerakan aset, modal, dan hutang akan terpantau dengan jelas. Jika usaha tersebut tidak mempunyai pembukuan, maka akan sulit untuk mengetahui jumlah aset, modal, dan hutang yang dimiliki.

Apalagi hutang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika pengusaha tidak mengetahui catatan hutang yang dimiliki, maka bisa berakibat fatal untuk usaha yang dijalankan. Dengan pembukuan, pengusaha bisa mengetahui jumlah hutang yang harus dibayar. Bahkan, tanggal jatuh tempo hutang tersebut juga tercatat dengan jelas dalam pembukuan.

Mudah Dalam Mengontrol Biaya

Setiap biaya dalam usaha yang dijalankan perlu dicatat dengan benar dan jelas. Biaya yang perlu dicatat ini meliputi biaya yang dikeluarkan untuk produksi dan biaya untuk operasional. Dengan adanya pembukuan, rincian biaya dalam usaha ini akan terpantau dengan jelas dalam suatu periode.

Setiap rincian biaya yang tercatat dalam pembukuan akan membantu pengusaha untuk menentukan besaran harga produksi. Pengusaha juga akan terbantu dalam menghitung besaran untung dan rugi yang didapat. Jika tidak ada pembukuan yang berisi laporan keuangan, maka akan sulit untuk menentukan harga produksi dan mengetahui besaran untung rugi.

Pembuatan Keputusan

Setelah analisis dilakukan, saatnya untuk membuat keputusan bagi perusahaan. Pembukuan yang lengkap akan menghasilkan analisis tepat yang nantinya berpengaruh pada keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Karena keputusan yang baik harus berdasarkan informasi keuangan secara lengkap, dan proses pembukuan dapat menyediakan dan memberikan gambaran yang jelas mengenai informasi keuangan.

Manajemen Keuangan

Pembukuan memberi gambaran yang jelas tentang bagaimana Anda membelanjakan uang. Manfaatkan hal ini untuk mengatur keuangan perusahaan dan mengendalikan bisnis keuangan bisnis dengan baik.

Mudah Untuk Mendapat Pinjaman Bank

Alasan terakhir pentingnya pembukuan bagi UMKM adalah untuk kemudahan mendapat pinjaman dari bank. Jika usaha yang dijalankan mempunyai pembukuan yang jelas, maka pihak bank dapat dengan mudah menilai usaha tersebut. Apakah memang layak untuk mendapat pinjaman dari bank atau tidak layak.

Berbeda dengan usaha yang tidak mempunyai pembukuan dengan jelas. Pinjaman dari bank akan sulit untuk didapatkan. Hal ini terjadi karena usaha tersebut tidak bisa memberikan bagaimana keuangan dalam usaha yang dijalankan. Jadi, pihak bank tidak dapat menilai bagaimana kinerja usaha tersebut.

Kemudahan Pelaporan pada Investor

Investor kerap kali meminta laporan kinerja perusahaan untuk mengukur nilai investasinya. Calon investor lebih cenderung berinvestasi dalam bisnis ketika Anda telah mengatur informasi keuangan secara teratur. Dengan adanya pembukuan, memungkinkan investor memiliki untuk informasi terkini dan terlengkap yang dapat diakses dengan mudah serta cepat. Karena itu, investor pun dapat membuat keputusan yang lebih baik. Tidak hanya pada investor saat ini tetapi juga investor di masa depan.

Kenapa Pembukuan Penting Untuk Kesuksesan dan Perkembangan Bisnis Kecil.

Menghindarkan Kesalahan Pelaporan Pajak

Di 2017, Ditjen pajak mencatat sebanyak 19.304 perusahaan telah tersangkut masalah pelaporan pajak yang tidak sesuai dengan pendapatan resmi yang telah diterima oleh perusahaan tersebut.

Dari total jumlah perusahaan yang bermasalah dengan pelaporan pajaknya tersebut, Ditjen pajak mengklaim bahwa 76% kesalahan pelaporan diberikan oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan terbesar karena faktor kesalahan pelaporan pajak adalah proses pembukuan yang tidak baik sejak awal bisnis sehingga tidak memiliki data yang akurat tentang pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berjalan. Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting memiliki pencatatan pembukuan yang baik.

Menghindari Risiko Audit

Karena pemilik bisnis kecil wiraswasta adalah yang paling berisiko untuk menerima audit, maka pembukuan yang tepat menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Semakin akurat dan terbaru buku perusahaan Anda, semakin cepat para auditor dapat beralih dari kasus Anda, sehingga menyisakan sedikit waktu untuk khawatir, dan lebih banyak waktu untuk benar-benar mengembangkan bisnis Anda.

Audit bisa sangat menyita waktu mulai dari persiapan hingga akhir, maka dari itu dengan pembukuan yang lengkap dan selalu terbaru resiko tersebut akan terhindari.

Meningkatkan Analisis Keuangan & Manajemen

Kita semua tahu bahwa manajemen arus kas bukanlah tugas yang mudah. Pembukuan yang tepat memungkinkan Anda untuk menganalisis dan mengelola arus kas sehingga Anda dapat melihat gambaran yang lebih akurat tentang situasi keuangan bisnis Anda. Pembukuan yang tepat juga membantu Anda tetap membayar faktur kepada vendor secara tepat waktu.

Selain itu, melalui pembukuan yang baik, Anda akan selalu tahu persis di mana uang Anda habis dibelanjakan. Perusahaan yang memiliki kontrol keuangan yang baik dan kondisi keuangannya selalu dalam performa bagus, memungkinkan untuk lebih mudah mendapatkan partner bisnis.

Mendapatkan Potensi Pengurangan Pajak

Pembukuan yang lambat dan tidak konsisten dapat dengan mudah menyebabkan hilangnya potensi pengurangan pajak yang sah.

Auditor dapat melarang pemotongan pajak Anda berdasarkan dokumen yang hilang, yang mungkin belum dicatat dalam pembukuan sehingga mempersulit pelacakan. Anda harus menyimpan kuitansi dan faktur Anda setidaknya selama 6 tahun.

Jika tidak, auditor pajak memiliki hak untuk menolak pemotongan yang Anda ajukan. Dari sinilah sebuah pembukuan dianggap penting untuk merekam semua pemasukan dan pengeluaran sehingga mempermudah pelacakan terhadap bukti transaksi dan nominal pengurangan pajak yang mungkin dapat diterima perusahaan.

Di atas adalah mengapa pembukuan penting bagi perusahaan. Baik perusahaan yang skala kecil maupun besar, pembukuan tetap bagian penting dari perusahaan. Dari pembukuan, bisa diketahui performa kinerja perusahaan tersebut. Sehingga bisa disimpulkan apakah kinerja perusahaan tersebut baik atau tidak melalui pembukuan.

Anda sebagai pemilik bisnis tentu tidak ingin waktu berharga Anda hilang karena masalah pembukuan keuangan yang kurang lengkap dan menerima surat pemberitahuan dari Ditjen pajak yang menyatakan bahwa Anda harus menjalani audit.

Efisienkan waktu Anda dengan merekam semua transaksi (pemasukan dan pengeluaran) secara langsung di Jurnal software akuntansi terbaik, dan dapatkan kemudahan mengelola keuangan bisnis dengan melakukan pencatatan dan pengecekan melalui smartphone Anda.

Siap untuk lebih sukses dalam bisnis? Coba Jurnal gratis selama 14 hari dan dapatkan seluruh manfaatnya sekarang!