Mengapa Pembukuan Penting Bagi Perusahaan

mengapa-pembukuan-itu-penting

Bagaimana sebuah perusahaan dapat tumbuh, salah satunya dengan meningkatkan penjualan. Agar penjualan meningkat tentu perusahaan harus dikenal oleh konsumen. Karena itu strategi marketing sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan perusahaan kepada konsumen melalui promosi. Oleh sebab itu ada istilah marketing itu ujung tombak perusahaan.

Karena fokusnya perusahaan ini kepada strategi marketing menyebabkan salah satu fungsi perusahaan lainnya menjadi tidak terlalu dipikirkan yaitu pembukuan. Terkadang proses pembukuan menjadi tidak penting karena bukan essensial dari bisnis yaitu memperoleh pendapatan.

Sebagai pemilik usaha, Anda perlu mengetahui pentingnya pembukuan untuk perusahaan. Pembukuan  adalah proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan secara teratur dan terperinci.

Hal yang harus dikumpulkan dalam membuat pembukuan antara lain modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Secara singkat, hal ini dapat diartikan sebagai pencatatan transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi akibat dari aktivitas bisnis yang dilakukan.

Jika kita mengabungkan strategi marketing dan strategi pembukuan tentu akan memberikan strategi marketing yang tepat untuk keberhasilan anda dalam menjalankan promosi loh. karena dengan adanya pembukuan maka Pembukuan ini nantinya akan diteruskan menjadi laporan keuangan.

Pentingnya pembukuan untuk perusahaan merupakan hal yang harus diperhatikan karena kerap kali pemilik bisnis mencampur keuangan pribadi dan perusahaan yang nantinya akan membingungkan pemilik bisnis.

Jika hal tersebut terjadi, mereka bisa saja menggunakan keuangan pribadi untuk perusahaan dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sekecil apapun bisnis yang digeluti, seorang pengusaha harus mengerti pentingnya pembukuan untuk perusahaannya. Dengan demikian, bisa diketahui hasil yang diperoleh dan mengalokasikannya untuk rencana usaha kedepannya.

Bagi para pengusaha yang belum mengetahui apa saja pentingnya pembukuan untuk perusahaan, berikut penjelasannya.

Sebagai Perencana

Pembukuan itu penting karena bisa dijadikan sebagai perencana usaha ke depannya. Melalui pembukuan, semua biaya untuk proses produksi dan biaya operasional usaha akan diketahui dengan jelas. Jika pembukuan tersebut tidak ada, maka pengusaha akan kesulitan saat menentukan rencana bisnis yang selanjutnya.

Melacak Penerimaan dan Pengeluaran

Anda pasti ingin mengetahui lokasi konsumen itu ada dimana saja, produk apa saja yang laris, produk apa saja yang tidak memiliki nilai jual karena slow moving. Dengan melakukan pembukuan hal tersebut dapat mempermudah anda dalam mengelola penerimaan perusahaan dan memiliki strategi untuk pengembangan perusahaan.

Berbeda dengan penerimaan, dalam pengelolaan pengeluaran anda pasti tidak mau jika uang Anda digunakan untuk hal-hal yang tidak jelas arah tujuannya. Begitupun dalam perusahaan dimana angka sekecil apapun akan diperhitungkan. Penting untuk perusahaan membuat pembukuan yang rapi agar setiap pengeluaran bisa diketahui dengan jelas. Ini akan sangat membantu untuk mengontrol pembelian yang tidak terlalu penting, menentukan harga jual yang akan dibuat, dan menentukan pajak yang harus dibayar.

mengapa pembukuan penting - Business and e-commerce. Successful businessman with controlling money.
Business and e-commerce. Successful businessman with controlling money.

Alat Untuk Mengetahui Jumlah Transaksi

Pembukuan sebagai alat untuk mengetahui jumlah transaksi. Setiap usaha tentu mempunyai transaksi yang perlu dicatat.

Dengan menyusun pembukuan, setiap transaksi dalam usaha yang dijalani akan terlihat dengan sangat detail.
Jumlah transaksi yang masuk dan transaksi keluar juga sangat mudah untuk dipantau. Pengusaha juga tidak perlu khawatir dengan transaksi yang tidak akan tercatat dalam pembukuan. Yang pasti, jumlah transaksi akan tersusun secara rapi dan jelas.

Membantu Pembuatan Anggaran

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika Anda mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan, akan lebih mudah untuk membuat anggaran dengan bijaksana. Anggaran dapat membuka peta jalan keuangan untuk bisnis Anda sehingga dapat merencanakan pengeluaran di masa depan dan mengantisipasi biaya yang tidak terduga.

Pembayaran Pajak

Setiap pengusaha mempunyai kewajiban untuk membayar pajak. Dalam menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan tidak boleh asal dan salah perhitungan. Jika pengusaha mengalami kesalahan dalam menghitung besaran pajak, maka dapat merugikan pengusaha itu sendiri.

Selain membantu penentuan berapa pajak yang akan dibayar, pembukuan juga akan mempermudah proses pembayarannya. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat langsung menyuguhkan informasi keuangan yang lengkap pada waktu yang dibutuhkan. Jadi, tidak akan ada drama mencari dan kehilangan tanda terima, faktur dan lain sebagainya pada perusahaan.

Membantu Analisis Manajemen dan Investor

Pembukuan yang lengkap dan terperinci akan menjadi pisau analisis bagi manajemen dan kinerja perusahaan. Anda juga akan terbantu dalam melaporkan arus kas masuk dan keluar dengan detail. Pembukuan akan memperlihatkan lini bisnis mana yang menghasilkan keuntungan dan mana yang tidak.

Pembukuan juga sangat penting untuk manajemen setiap perusahaan. Misalnya seperti investor yang telah memberikan modal untuk usaha yang dijalankan. Para investor ini pastinya memerlukan pembukuan usaha yang jelas. Dengan adanya pembukuan, investor dapat mengetahui apakah modal yang diberikan telah digunakan sebaik mungkin.

Karena itulah, setiap pengusaha tidak boleh mengabaikan pembukuan untuk usaha yang dijalankan. Jika pembukuan ini tidak disusun, maka akan sulit untuk mendapat investor untuk pengembangan usaha yang selanjutnya. Hal ini jelas merugikan pengusaha itu sendiri.

Pembuatan Keputusan

Setelah analisis dilakukan, saatnya untuk membuat keputusan bagi perusahaan. Pembukuan yang lengkap akan menghasilkan analisis tepat yang nantinya berpengaruh pada keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Karena keputusan yang baik harus berdasarkan informasi keuangan secara lengkap, dan proses pembukuan dapat menyediakan dan memberikan gambaran yang jelas mengenai informasi keuangan.

Pengusaha dapat memperhatikan strategi awal yang diterapkan dalam bisnis. Perlu diperhatikan apakah strategi tersebut sudah membuat usaha menjadi berkembang? Jika strategi tersebut tidak bisa membuat usaha berkembang, maka pengusaha perlu mengganti strategi tersebut.

itulah alasan mengapa pembukuan penting pada perusahaan, walaupun dimulai dengan pembukuan yang sederhana. Selain proses marketing, pembukuan juga menjadi pokok dari manajemen usaha. Laporan yang tidak teratur akan membebani Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan banyaknya hal lain yang harus diperhatikan, pembukuan secara teratur akan membantu Anda terbebas dari drama kehilangan faktur, tanda terima, dan laporan lainnya.