Mari Belajar Akuntansi dan Keuangan Bisnis

belajar-akuntansi

Belajar Akuntansi & Keuangan Bisnis secara lengkap dan menyeluruh secara gratis di sini cocok untuk anda pebisnis pemula, pemilik usaha kecil dan menengah di Indonesia. Akuntansi & Keuangan merupakan ilmu yang sangat diperlukan dan berguna di dalam bisnis. Tanpa akuntansi & keuangan yang kuat, perusahaan Anda cepat atau lambat akan berantakan dan kemungkinan besar tidak bisa maju dan berkembang.

Mengapa Anda Wajib Belajar Akuntansi & Keuangan?

Belajar akuntansi, mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sangat membosankan. Sangat lazim terjadi, karena sebagian masyarakat tidak terlalu suka dengan materi akuntansi yang rumit. Mulai dari menghafal rumus, melakukan pencatatan, sampai dengan membuat perhitungan yang rumit.

Ya, belajar akuntansi memang tidak mudah, namun peran akuntansi sangat diperlukan di dalam sebuah bisnis, baik itu bisnis skala UMKM sampai dengan korporasi yang besar. Bayangkan Anda seorang owner bisnis tetapi Anda tidak memahami kondisi keuangan, tentunya Anda akan sulit untuk mengambil keputusan bisnis. Oleh karena itu, memahami materi akuntansi adalah suatu keharusan jika Anda ingin bisnis Anda stabil dan semakin berkembang.

Pada era digital ini, hadirnya inovasi di bidang akuntansi memicu para pebisnis untuk lebih menggunakan teknologi dalam mengetahui cara mudah belajar akuntansi. Anda dapat belajar akuntansi online dari internet dan ikut kursus belajar akuntansi keuangan berbayar untuk menguasai materi akuntansi.

Belajar Akuntansi & Keuangan tidak hanya dipelajari oleh lulusan Akuntansi, tetapi sangat penting untuk dipelajari oleh seluruh pebisnis. Berikut adalah alasan-alasannya.

Mengetahui Keadaan Perusahaan

Dengan sistem keuangan yang akurat dan tepat waktu, Anda akan dapat mengetahui keadaan perusahaan secara cepat. Anda bisa membuat strategi-strategi yang tepat. Apakah harus menge-rem pengeluaran untuk pertumbuhan, atau harus menggenjot lebih banyak untuk pertumbuhan. Apakah harus hire karyawan baru, atau harus stop hiring atau bahkan melakukan pengurangan. Apakah stok barang sudah cukup, kurang atau berlebihan dan harus di cuci gudang, dan lain-lain.

Salah satu alasan Anda belajar akuntansi adalah untuk bisa mengetahui keadaan perusahaan setiap bulannya, dengan angka dan obyektif. Bukan dengan kira-kira dan subyektif.

Tidak lagi Anda mengatakan: “Perusahaan saya tampaknya sehat, uang di bank banyak.”

Padahal uang di bank tersebut bukan milik Anda, tetapi milik supplier Anda.

Melakukan Penghematan Yang Tepat Di Tempat Yang Tepat.

100% dari cost yang diselamatkan adalah profit. Anda bisa saja memiliki perusahaan yang profit nya naik 30%, padahal tidak terjadi peningkatan omset. Kenapa? Karena terjadi efisiensi cost di tempat yang tepat.

Dengan pengetahuan keuangan yang tepat, Anda akan tahu kapan harus spend, dan kapan harus save di tempat yang tepat.

Pelaporan Pajak Yang Tepat

Dengan laporan keuangan yang tepat, Anda tidak akan melakukan kesalahan dalam melakukan pelaporan pajak. Pajak yang salah cepat atau lambat akan mengejar Anda. Dan tidak boleh dilupakan bahwa kesalahan dalam pelaporan dan pembayaran pajak memiliki sanksi hingga sanksi pidana.

Tidak Ditipu Oleh Konsultan atau Anak Buah

Anda mungkin tidak berniat untuk melakukan pekerjaan Akuntansi & Keuangan sendiri, dan Anda mungkin berpikiran untuk meng-hire manager Keuangan / Akuntansi, atau menggunakan jasa konsultan pajak jasa akuntansi untuk bisnis Anda.

Tetapi, apabila Anda sudah mengetahui dasar-dasar dari akuntansi & keuangan, Anda akan dapat berbicara pada bahasa yang sama, dan akan mendapatkan hasil yang maksimal dibandingkan kalau Anda tidak mengerti sama sekali.

Bayangkan apabila Anda ingin memperbaiki AC di rumah Anda, tetapi tukang AC yang Anda panggil tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan Anda. Apakah hasilnya maksimal? Apakah Anda dapat ditipu oleh tukang AC tersebut?

Bagaimana Memulai Belajar Akuntansi & Keuangan

Sekarang pertanyaannya adalah, darimana saya harus memulai? Lalu, bagaimana cara mudah belajar akuntansi? Berikut ini kami akan berikan tips bagaimana cara belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan.

  1. Mengerti Tentang Konsep Dasar Akuntansi

Cara belajar akuntansi yang pertama adalah memahami materi akuntansi, siklus akuntansi serta dasar-dasarnya. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan.

Setelah itu, Anda juga perlu memahami persamaan dasar akuntansi. Secara umum definisi persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara  harta, utang, dan modal yang dimiliki perusahaan. Sehingga laporan ini dapat digunakan untuk kepentingan seperti stakeholder atau yang berhubungan dengan analisis laporan keuangan, pengambilan keputusan serta tujuan lainnya.

Sebenarnya belajar akuntansi itu mudah dan konsep dasar akuntansi itu sederhana. Tujuan dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai dasar pencatatan, di mana setiap terjadi sebuah transaksi perlu di catat dalam dua aspek kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva). Berikut adalah cara mudah belajar akuntansi keuangan. Anda hanya perlu memahami konsep ALOE, apa itu? simak penjelasan di bawah ini dengan rumus persamaan akuntansi:

HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Owner’s Equity)

HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Aset adalah aktiva di mana sebagai sumber ekonomi yang berguna bagi organisasi atau perusahaan. Sedangkan kewajiban adalah hutang yang merupakan pasiva. Sementara ada ekuitas pemilik usaha atau modal usaha dengan selisih kewajiban pemilik usaha di masa depan.

Selanjutnya Anda perlu memahami apa saja poin-poin penting dalam materi akuntansi. Hal mendasar ini perlu Anda pahami diluar kepala jika Anda ingin mahir dalam belajar akuntansi. Dasar-dasar akuntansi seperti konsep debit-kredit, penjurnalan, posting jurnal ke buku besar, membuat neraca saldo atau neraca percobaan, serta menyajikan sebuah laporan-laporan keuangan.

  1. Temukan Mentor dan Berlatih Secara Rutin

Untuk menjadi akuntan yang handal selain harus menguasai materi akuntansi, Anda juga harus belajar akuntansi secara rutin. Berlatih materi akuntansi secara rutin dapat membuat kemampuan Anda terasah serta Anda dapat memahami kekurangan yang Anda punya dalam cara belajar akuntansi. Dengan cara mudah belajar akuntansi di bawah ini Anda akan bisa melatih skill Anda dengan baik.

Cara belajar akuntansi yang pertama adalah jika Anda seorang mahasiswa Anda bisa magang di kantor. Dengan magang Anda dapat menemukan mentor yang akan membimbing Anda dalam belajar akuntansi keuangan untuk melatih kemampuan Anda. Kemudian pengalaman dalam dunia kerja yang sebelumnya tidak dapatkan, bisa menjadi bekal Anda jika Anda suatu saat sudah lulus.

Lalu, cara belajar akuntansi keuangan yang kedua adalah Anda bisa menjadi freelancer di mana pekerjaan freelance ini juga dapat menjanjikan penghasilan yang besar serta melatih kemampuan Anda dalam mengelola waktu. Hal ini juga merupakan cara mudah belajar akuntansi online. Dikarenakan waktu yang diberikan sangat luang. Selain itu akan membuka relasi Anda lebih luas lagi, sehingga Anda dapat bertukar pikiran dalam belajar akuntansi keuangan.

  1. Gunakan Alat Bantu (Software Akuntansi)

Perkembangan teknologi semakin canggih, dahulu jika kita ingin menuju ke suatu tempat, pasti kita bertanya kepada orang yang sudah pernah ke tempat itu. Sekarang dengan kemudahan teknologi cukup menggunakan maps Anda dapat pergi kemana pun Anda inginkan tanpa perlu mengingat jalan mana yang harus dilewati.

Begitu pula akuntansi, jika dulu melakukan pembukuan terasa merepotkan dan menyita waktu, sekarang Anda tidak perlu lagi mengalami hal tersebut. Sekarang dengan kecanggihan teknologi Anda dapat belajar akuntansi online. Proses pengerjaan mulai dari pencatatan, melacak persediaan secara realtime, rekonsiliasi bank praktis karena langsung terintegrasi serta perhitungan sampai laporan keuangan dapat diotomatisasi dengan software. Hal ini dapat membuat Anda menghemat banyak biaya, waktu serta energi.

  1. Mengenal Siklus dan Proses Akuntansi

Pada dasarnya belajar akuntansi itu mudah, kini Anda pahami juga siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah tahapan-tahapan di mana sebuah informasi akuntansi menjadi laporan keuangan yang benar dan sistematis. Siklus akuntansi juga dapat diartikan sebagai proses pembuatan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam siklus akuntansi terdapat 3 tahapan yaitu:

  • Pencatatan dan Penggolongan
  • Pembuatan Ikhtisar Laporan Keuangan
  • Pembuatan dan Penyajian Laporan Keuangan

Cara mudah belajar akuntansi yang selanjutnya adalah Anda perlu mengerti proses yang berjalan di dalam akuntansi. Apa saja proses tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Belajar Akuntansi – Proses Pencatatan

Pencatatan adalah kegiatan dokumentasi atau mencatat transaksi bisnis pada periode tertentu. Dalam siklus akuntansi, proses ini sangat penting dilakukan untuk mengumpulkan data yang nantinya akan dijadikan bahan analisa oleh pihak keuangan. Pencatatan juga sering disebut dengan istilah pembukuan. Namun pembukuan itu sendiri memiliki beragam jenis sesuai kebutuhan dan kepentingan.

  1. Belajar Akuntansi – Proses Meringkas & Mengklasifikasi

Setelah mencatat transaksi, biasanya data yang disajikan adalah data yang masih mentah. Maka saat inilah akuntan perlu meringkas serta mengklasifikasi data agar kualitas informasi menjadi lebih mudah dipahami. Di mana data tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak yang berkepentingan.

  1. Belajar Akuntansi – Proses Pelaporan

Data yang sudah diolah nantinya akan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Kemudian diserahkan kepada pihak manajemen sebagai acuan pengambilan keputusan. Adapun waktu penyerahan laporan keuangan biasanya saat akhir bulan, kuartal bulan atau tahunan.

  1. Belajar Akuntansi – Proses Menganalisa

Tentu setelah mengikuti siklus akuntansi yang benar, seorang pebisnis perlu menganalisa proses akuntansi yang telah berjalan. Analisa materi akuntansi ini biasanya berdasarkan laba, penjualan, ekuitas dan lain-lain untuk menilai kinerja sebuah perusahaan atau organisasi. Sehingga jika perusahaan ingin mengambil keputusan, memiliki dasar yang kuat karena sudah membaca data.

Baca Juga : Software Akuntansi Pembukuan Toko

  1. Memahami Akun dan Saldo Normalnya Pembukuan

Akun adalah instrumen penting dalam pembukuan. Akun ini berfungsi sebagai formulir untuk mencatat transaksi sejenis dimana dapat merubah komposisi harta, kewajiban, dan juga modal usaha. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan.

Menurut standar akuntansi, akun terdapat 2 jenis yaitu:

Akun riil : akun yang dicatat pada neraca terdiri dari harta (asset), kewaijban, dan juga modal.

Akun nominal : akun yang dicatat pada laporan laba/rugi yang meliputi pendapatan dan beban.

Setiap nama akun memiliki nomor akun dan saldo normalnya. Pada nama akun biasanya terdapat nomor akun dan saldo normalnya. Sementara saldo normal adalah saldo yang menempatkan sebuah akun berada di posisi debit atau kredit. Berikut adalah akun yang perlu Anda pahami:

Sebagai pebisnis, Anda juga perlu mengerti materi akuntansi secara praktis. Semua hal akuntansi sangat berguna ketika Anda ingin mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda agar terhindar dari kebocoran kas atau kegagalan bisnis.

Tidak perlu memahami secara detail, biarkan tim akuntan Anda yang mengerti secara teknis. Secara garis besar akuntansi dapat diartikan sebagai proses mencatat, meringkas, mengolah serta menyajikan data transaksi atau kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Di mana hasil dari proses tersebut dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk analisa keuangan serta mengambil keputusan.

Update juga insight dan informasi Anda setiap hari dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn FR Consultant Indonesia. Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan FR Consultant Indonesia Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.