Apa itu Scarcity dan Mengapa itu Penting dalam Bisnis?

Scarcity

Apa itu Scarcity dan Mengapa itu Penting dalam Bisnis?

Scarcity atau kelanggan adalah salah satu aspek terpenting dalam bisnis dan ekonomi. Ini memiliki potensi untuk mempengaruhi bagaimana bisnis memanfaatkan sumber daya, memproduksi produk mereka dan memenuhi kebutuhan personel mereka.

Memahami scarcity dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi Anda sangat penting untuk berhasil mengelola bisnis. Dalam artikel ini, kita membahas apa itu scarcity dan mengapa begitu penting, dengan beberpa pertanyaan yang sering diajukan.

Apa itu Scarcity?

Scarcity atau kelangkaan mengacu pada ketersediaan terbatas sumber daya yang biasanya tersedia untuk digunakan. Juga dikenal sebagai kekurangan, itu bertentangan dengan permintaan tak terbatas secara teoritis untuk sumber daya yang kita miliki sebagai masyarakat.

Dalam ilmu ekonomi, scarcity mengacu pada kesenjangan antara sumber daya yang tidak mencukupi dan kebutuhan teoretis yang dimiliki orang untuk sumber daya ini.

Dalam situasi yang ditandai dengan kelangkaan, masyarakat harus memutuskan bagaimana mengalokasikan sumber daya yang langka secara efisien, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mayoritas penduduk.

Secara umum, semua sumber daya yang memerlukan beberapa biaya selama konsumsi dapat dianggap langka. Namun pada kenyataannya, apa yang benar-benar memiliki efek paling besar pada masyarakat adalah kelangkaan relatif.

Beberapa contoh kelangkaan yang berkaitan dengan bisnis adalah:

  1. Kelangkaan produk ekspor akibat embargo impor bahan yang digunakan dalam produksi
  2. Penolakan perusahaan farmasi untuk memproduksi obat yang tidak menghasilkan keuntungan yang signifikan, mengakibatkan kelangkaan obat tersebut
  3. Panen jagung yang tidak mencukupi karena cuaca buruk, yang mengakibatkan pasokan makanan dan etanol untuk bahan bakar tidak mencukupi
  4. Kelangkaan pekerja terampil tingkat tinggi karena pendidikan yang tidak memadai atau di bawah standar

Jenis Scarcity

Barang langka adalah barang yang berhubungan dengan permintaan yang hampir tidak terbatas. Ini dapat berkisar dari sumber daya yang terbatas dan berharga seperti minyak bumi hingga baju yang dirilis secara terbatas dari perusahaan pakaian desainer.

Ketika sejumlah besar orang mengantri untuk membeli baju tersebut di atas persediaan, baju tersebut secara efektif menjadi barang langka. Sebaliknya, barang yang tersedia dengan sedikit atau tanpa biaya dikenal sebagai barang tidak langka atau barang gratis.

Kelangkaan umumnya berada di bawah tiga kategori:

  1. Kelangkaan yang disebabkan oleh permintaan. Ini terjadi ketika permintaan untuk produk atau sumber daya tertentu jauh melebihi pasokan yang dapat disediakan oleh perekonomian.
  2. Kelangkaan yang disebabkan oleh pasokan. Hal ini terjadi ketika degradasi lingkungan atau faktor tak terduga lainnya menyebabkan pasokan sumber daya berkurang secara signifikan meskipun permintaan berada dalam batas normal.
  3. Kelangkaan struktural. Ini terjadi ketika ada akses yang tidak setara ke sumber daya tertentu di antara anggota populasi.

Mengapa Scarcity itu Penting?

Kelangkaan adalah salah satu faktor paling signifikan yang mempengaruhi penawaran dan permintaan. Kelangkaan barang memainkan peran penting dalam mempengaruhi persaingan di setiap pasar berbasis harga.

Karena barang langka biasanya tunduk pada permintaan yang lebih besar, mereka sering memerintahkan harga yang lebih tinggi juga. Ini adalah bagian dari alasan mengapa ponsel kelas atas dan pakaian desainer lebih mahal daripada pesaing mereka yang lebih berlimpah di pasar. Masalah muncul ketika sumber daya yang penting untuk fungsi masyarakat menjadi langka dari waktu ke waktu.

Scarcity mempengaruhi lebih dari sekedar produk atau sumber daya alam. Segala sesuatu yang dapat digunakan dapat dianggap sebagai sumber daya. Contoh umum adalah minyak, batu bara dan logam mulia. Ketika bahan-bahan ini menjadi langka, kemampuan bisnis untuk memenuhi tujuan produksi dapat terpengaruh secara negatif.

Dalam beberapa kasus, bahkan waktu dapat dianggap sebagai sumber daya. Akibatnya, waktu tunduk pada aturan kelangkaan juga. Sebagai ilustrasi, kebanyakan orang hanya memiliki delapan atau sembilan jam per hari untuk melakukan tugas mereka di tempat kerja.

Jika Anda harus melakukan tugas pribadi, Anda mengambil waktu yang seharusnya dialokasikan untuk bekerja. Oleh karena itu, Anda bisa berakhir dengan kelangkaan waktu untuk melakukan tugas-tugas yang diharapkan dari Anda oleh majikan Anda.

Bagaimana Scarcity Berhubungan dengan Bisnis?

Scarcity membantu orang membuat pilihan yang lebih tepat tentang bagaimana menggunakan sumber daya yang tersedia. Konsep kelangkaan bekerja dalam bisnis dengan cara berikut:

Scarcity sangat penting untuk studi ekonomi

Aspek mendasar dari kelangkaan adalah ketidaksesuaian antara penawaran dan permintaan. Kelangkaan baranglah yang mengharuskan para ekonom mempelajari alokasi sumber daya yang efektif, serta menilai biaya peluang dan pengurangan risiko.

Scarcity memungkinkan bisnis memastikan profitabilitas yang berkelanjutan

Ketika dihadapkan dengan kelangkaan produk atau sumber daya tertentu, produsen harus melakukan penyesuaian untuk memastikan profitabilitas yang berkelanjutan. Mereka mungkin beralih ke bahan kemasan alternatif, misalnya, atau mengganti bahan tertentu dalam produk mereka.

Scarcity membantu memenuhi kebutuhan pelanggan

Permintaan yang tinggi untuk produk tertentu sering mengakibatkan kelangkaan mereka dari waktu ke waktu. Perusahaan yang ingin tetap menyediakan produk ini kepada pelanggan mereka dapat memutuskan untuk melepaskan produksi terbatas atau meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan.

Scarcity membantu Anda menavigasi pasar kerja

Kesempatan kerja dan tenaga kerja juga dapat dianggap sebagai sumber daya yang terbatas. Tergantung pada keadaan pasar kerja tertentu, lowongan pekerjaan atau personel yang memenuhi syarat mungkin langka. Pencari kerja dapat memilih untuk menargetkan posisi tertentu di mana personel yang memenuhi syarat langka. Sebaliknya, mereka juga dapat pindah ke kota atau negara lain jika kesempatan kerja langka di bidang yang mereka pilih.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Scarcity

Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang kelangkaan:

Mengapa kelangkaan merupakan aspek fundamental dari ekonomi?

Alokasi sumber daya yang efektif merupakan aspek penting dari ekonomi. Sifat sumber daya yang terbatas relatif terhadap batas kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas menjadikan studi tentang kelangkaan sebagai bagian integral dari ekonomi.

Apa saja masalah terpenting terkait kelangkaan?

Kehadiran scarcity di sebagian besar dunia mengharuskan mengajukan beberapa pertanyaan mendesak, termasuk:

  1. Mengapa ada perbedaan antara negara kaya dan negara miskin?
  2. Mengapa beberapa negara mengalami pertumbuhan ekonomi lebih banyak daripada yang lain?
  3. Mengapa beberapa negara berkembang dengan kecepatan yang cepat dan konstan sementara yang lain tidak, terlepas dari pertumbuhan ekonomi sebelumnya?
  4. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi?

Apa dampak dari kelangkaan?

Kelangkaan sumber daya dapat menyebabkan masalah yang meluas seperti kelaparan, kekeringan, dan bahkan perang. Masalah-masalah ini terjadi ketika barang-barang penting menjadi langka karena beberapa faktor, termasuk eksploitasi sumber daya alam atau perencanaan yang buruk oleh para ekonom pemerintah.

Bagaimana kelangkaan mempengaruhi pengambilan keputusan?

Karena kelangkaan melibatkan bekerja dengan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi keinginan yang tidak terbatas, orang sering dipaksa untuk memilih dari alternatif yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus, mereka harus menyerahkan nilai yang diharapkan dari satu opsi tertentu dalam preferensi ke nilai yang diharapkan dari opsi terbaik berikutnya.

Kesimpulan

itulah pembahasan lengkap scarcity atau kelangkaan pada bisnis dan ilmu ekonomi. Kelangkaan tidak selalu buruk, bahkan untuk bisnis ini adalah hal yang baik untuk memastikan bahwa produk atau layanan Anda memiliki permintaan yang stabil.

Namun disisi lain, jika bisnis Anda yang terpengaruh atas kelangkaan, maka Anda harus bisa menerapkan manajemen yang baik, mulai dari manajemen SDM, manajemen produksi, manajemen keuangan, dll. Jika masalah kelangkaan ini sudah bisa Anda atasi, maka Anda akan bisa mencapai kesuksesan bisnis yang optimal.

Nah, untuk membantu Anda dalam melakukan manajemen keuangan yang baik, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

FR Consultant Indonesia adalah partner resmi dari Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena setiap pebisnis tersebut bisa mengakses dan menggunakan Accurate Online di mana saja dan kapan saja. Selain itu, fiturnya yang lengkap juga akan semakin memudahkan setiap pebisnis dalam melakukan kegiatannya.

Sumber : Accurate Online