5 Software HRIS Indonesia Terbaik Untuk Perusahaan

software-hris

5 Software HRIS Indonesia Terbaik Untuk Perusahaan

Software HRIS – Manajemen sumber daya manusia (MSDM) semakin berkembang dalam beberapa tahun ini dan peran teknologi ikut mendorong kemajuannya secara signifikan.

Salah satu tren yang kini tengah populer yakni penggabungan antara teknologi informasi dengan MSDM yang bertujuan untuk menjadi solusi permasalahan HR di perusahaan, yang dikenal dengan HRIS.

Jika dibandingkan sepuluh tahun lalu, mengontrol data pegawai, absensi, gaji dan pajak seperti sebuah pekerjaan yang rumit dan membutuhkan waktu karena menuntut ketelitian yang tinggi.

Kini, hampir semua pekerjaan HR dipermudah dengan menggunakan HRIS (human resources information system). Tidak seperti dulu, HRIS sudah mulai banyak tersedia di Indonesia dan harganya lebih terjangkau dibandingka ketika pertama kali konsep tersebut masuk ke Indonesia. Hebatnya lagi, HRIS juga banyak diproduksi oleh kualitas dalam negeri dengan fitur-fitur yang sangat mendukung pekerjaan praktisi HR.

Meski beberapa tahun terakhir HRIS telah menjadi trend di kalangan HR, tidak sedikit pula yang masih belum menggunakannya. Era digitalisasi memang tidak bisa secara instan diikuti oleh semua kalangan, termasuk juga oleh para praktisi HR.

Namun tahukah Anda, software HRIS terbagi menjadi beberapa tipe seperti HRIS, HRCM, dan HRMS yang sama-sama bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengelola kebutuhan HR berdasarkan fungsinya.

Pengertian HRIS

Untuk memahami apa itu HRIS, Anda perlu memahami apa itu HRM karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. HRM adalah praktik mengelola tenaga kerja dalam suatu organisasi untuk membantu bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif. Dikenal juga sebagai departemen SDM, praktik ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai objektivitas bisnis.

HRIS (Human Resource Information System) atau yang juga dikenal sebagai HRMS (Human Resource Management Software) adalah perangkat lunak untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui sistem yang tersentralisasi. Ini berarti termasuk penggajian, pembayaran pajak, proses rekrutmen, kehadiran dan cuti, dan evaluasi kinerja karyawan.

Dengan HRIS, manajer HRD dapat melacak berbagai informasi tentang karyawan seperti data pribadi, pekerjaan, informasi gaji, pengeluaran, dan lain-lain. Manajer HRD juga dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses sistem ini, informasi mana yang bisa dilihat oleh karyawan, dan mana yang hanya boleh diakses oleh manajemen.

HRIS adalah salah satu modul yang ada dalam sistem ERP yang juga dapat diintegrasikan dengan beberapa modul lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sama seperti sistem ERP, HRIS tersedia dalam beberapa jenis solusi yaitu perangkat lunak desktop (on-premise), perangkat lunak berbasis website (cloud), serta aplikasi desktop dan/atau mobile.

Baca juga : 5 Software Penggajian Berbasis Web yang Dapat Anda Coba GratisĀ 

Mengapa Praktisi HR Masa Kini Menggunakan Software HRIS?

Manfaat utama penggunaan HRIS tentunya untuk merapikan dan mengontrol data informasi yang berkaitan dengan MSDM di perusahaan. Berkembangnya zaman juga akan diikuti dengan perkembangan industri. Perusahaan akan menemui kesulitan dalam menjaga dan mengontrol data-data mereka sehingga tiba masa di mana manusia akan membutuhkan teknologi informasi untuk membantunya dalam mengatasi kesulitan tersebut.

Di era digital ini, HRIS adalah salah satu hasil dari rapid development industri big data yang kini telah mendunia dan terbukti memberi kemudahan bagi penggunanya, hampir di semua industri.

Jadi, apa pun industri Anda, sebesar apa pun skala perusahaan Anda, sebaiknya Anda mulai terbiasa menggunakan aplikasi pengolah data seperti HRIS untuk memudahkan pekerjaan Anda ke depannya.

Bagaimana Memilih HRIS yang Cocok untuk Anda?

Sebelum Anda memilih aplikasi atau software mana yang ingin Anda gunakan, ketahuilah bahwa terdapat tiga jenis software HRIS yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan di Indonesia. Berikut tiga jenis software HRIS sesuai dengan fungsinya:

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM) / Sistem Operasional

Jenis HRIS ini lebih dominan mendukung Anda dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan, sampai ke pengelolaan absensi dan payroll atau penggajian.

Komponen HRIS ini:

1. Employee Information System

2. Position Control System

3. Performance Management Information System

4. Applicant Selection and Placement Information System

5. Government Reporting and Compliance System

Software HRIS Tactical

Software HRIS Tactical merupakan software dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, dan training/development.

Komponen HRIS ini:

1. Job Analysis and Design Information System

2. Recruiting Information System

3. Compensation and Benefits Information System

4. Employee Training and Development System

Software HRIS Strategic

Software HRIS Strategic ini memiliki pilihan modul terintegrasi yang membantu perusahaan dalam menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya, yang dilakukan melalui performance review dan penetapan tujuan (goal).

Komponen HRIS ini:

1. Information System Supporting Workforce Planning

2. Specialized Human Resource Information System Software

3. Information System Supporting Labor Negotiation

Pilihan HRIS yang Mudah Didapatkan

TALENTA

Talenta adalah aplikasi HRIS berbasis cloud milik Mekari yang telah banyak terlibat di industri SaaS. Talenta memiliki dua pilihan produk, yaitu Enterprise dan Bisnis. Berikut adalah masing-masing fiturnya:

Jenis Layanan pada Talenta
  1. Enterprise
    1. Administrasi HR (database karyawan, self-service karyawan)
    2. Manajemen Waktu (fingerprint, manajemen shift & overtime)
    3. Payroll (payroll disbursement, BPJS, penghitungan pajak)
    4. Benefit Karyawan (manajemen reimbursement)

Bisnis

  1. Administrasi HR (database karyawan, self-service karyawan)
  2. Manajemen Waktu (manajemen shift & overtime)
  3. Payroll (penghitungan gaji, BPJS, pajak)
  4. Benefit Karyawan (loan & reimbursement management)

Anda ingin mencoba Software HRIS dari Talenta

KaryaONE

KaryaONE adalah salah satu HRIS yang cocok digunakan oleh pelaku usaha UKM, UMKM, hingga Koperasi. Meski begitu, KaryaONE juga cocok digunakan oleh perusahaan besar sekali pun. Selain HRIS, KaryaONE juga menyediakan alat fingerprints yang bisa terintegrasi dengan software HRIS. Berikut adalah fitur yang terdapat pada software HRIS KaryaONE:

Fitur KaryaONE
  1. Administrasi HR (database karyawan, manajemen kontrak)
  2. Manajemen pengajuan izin (cuti, lembur, penggantian hari kerja)
  3. Payroll (termasuk PPh 21)
  4. Talent management (manajemen kinerja & KPI, career path & pengembangan SDM)
  5. Adanya fitur talent management akan sangat membantu dalam memonitor kinerja karyawan hingga pengembangan kemampuan karyawan untuk menciptakan SDM yang semakin berkualitas.
LinovHR

LinovHR tidak hanya memiliki HRIS, tetapi juga memiliki modul payroll yang menjadikannya sebagai salah satu software yang mendukung kegiatan HR secara lengkap. Tidak hanya administrasi, tetapi LinovHR juga menyediakan modul recruitment management hingga performance management. Berikut adalah fitur-fitur LinovHR:

Fitur LinovHR
  1. Rekrutmen (recruitment request, manpower planning)
  2. Manajemen personalia
  3. Manajemen kinerja karyawan
  4. Succession Management
  5. Manajemen payroll, reimbursement, loan
SIAP+P

SIAP+P adalah software HRIS yang dikembangkan oleh Realta yang telah berpengalaman dalam mendukung berbagai industri di bidang teknologi. SIAP+P telah digunakan di perusahaan besar dan ternama, mulai dari industri manufaktur hingga hospitality. Fitur-fitur yang terdapat pada SIAP+P adalah seperti berikut:

Fitur SIAP+P
  1. Manajemen kehadiran
  2. Manajemen personalia
  3. Manajemen rekrutmen
  4. Performance appraisal
  5. Payroll
  6. Salah satu keistimewaannya dibanding HRIS yang lain adalah SIAP memiliki fitur quality assurance yang dapat membantu HR yang bekerja di bidang manufaktur. Sistem ini juga digunakan di banyak perusahaan manufaktur.

Pro-Kontra Menggunakan HR System dalam Praktik Manajemen SDM

Penggunaan HRIS dalam praktik manajemen sumber daya manusia dewasa ini hampir tidak memiliki poin yang dapat dikategorikan sebagai kontra. Tujuan utama HRIS adalah untuk meringankan pekerjaan HR terutama di bidang administrasi. Semakin berkembangnya ilmu dan pandangan di bidang HR, tidak hanya administrasi saja, kegiatan HR lainnya yang berkaitan dengan perkembangan SDM hingga engagement karyawan menjadi fokus yang harus bisa diselesaikan dengan baik. HRIS pun turut berkembang untuk mendukung praktisi HR dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Sedikit hal yang mungkin menjadi pertimbangan dalam menggunakan HRIS adalah dari segi harga dan kemampuan praktisi HR dalam menjalankan software HRIS.

Untuk mengatasinya, pilihlah produk dan modul yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pilih juga fleksibilitas untuk upgrade/downgrade software di masa depan. Dari situ Anda dapat menyesuaikan harga dan mulai menggunakan HRIS.

Kemampuan dalam mengerjakan software HR juga merupakan tantangan tersendiri. Tetapi, tantangan tersebut adalah hal yang harus dilalui demi membuat perubahan yang lebih baik bagi perusahaan. Terlebih, hampir semua penyedia produk software HRIS menyediakan tim yang siap untuk membantu Anda selama penggunaan software HRIS sehingga hal ini seharusnya tidak menghalangi perusahaan untuk mulai menggunakan HRIS.