Tujuan Dari Kebijakan Fiskal

tujuan-kebijakan-fiskal

Kebijakan fiskal adalah konsep yang diperkenalkan oleh John Maynard Keyne. Menurut beliau, suatu negara memiliki hak untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan sebuah negara dengan menetapkan pajak dan membuat kebijakan yang berdampak kepada ekonomi makro suatu negara.

Pengertian kebijakan fiskal yang diambil pemerintah bertujuan untuk menjaga pemasukan dan pengeluaran agar tetap stabil hal ini menciptakan perekonomian yang tumbuh dengan baik. Secara spesifik berdasarkan OJK kebijakan fiskal lebih kepada bagaimana negara dapat membuat kebijakan perpajakan sebagai unsur penerimaan dan pengeluaran belaja negara dengan tujuan ekonomi makro.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat digarisbawahi bahwa kebijakan fiskal memiliki dua instrumen utama yaitu belanja atau pengeluaran dan pendapatan negara dari pajak.

tujuan-kebijakan-fiskal
Businesspeople meeting plan analysis graph company finance strategy statistics success concept and planning for future in office room – sumber

Tujuan Kebijakan Fiskal

Sebelumnya telah dibahas pengertian dari kebijakan fiskal maka kali ini kita akan bahas tujuan utama dari adanya kebijakan fiskal adalah sebagai berikut :

Menjaga dan menumbuhkan Perekonomian Negara

Pertama dengan adanya kebijakan fiskal maka negara dapat menjaga stabilitas sekaligus mengembangkan pertumbuhan ekonomi negara. Dengan penerapan ini diharapkan akan mempengaruhi seluruh sektor perekonomian negara.

Kualitas SDM Meningkat

Sumber Daya Manusia juga dapat terjadi peningkatan kualitas karena adanya penerapan teknologi dan perekonomian yang baik. Kualitas SDM Meningkat tentunya akan memberikan harapan kepada dunia usaha untuk mendapatkan SDM yang tepat, efisien dan mampu bersaing dalam persaingan bisnis. Hal ini akan berdampak kepada pertumbuhan kesejahteraan manusia tersebut.

Harga Barang Yang Stabil

Harga barang di pasar memang ditentukan oleh banyak factor, dari hal yang bersifat positip seperti peningkatan permintaan hingga faktor negative seperti monopoli, mafia dagang hingga penimbunan seperti minyak saat ini. Dengan adanya kebijakan fiskal diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas harga barang yang tetap terjangkau oleh masyarakat sehingga terhindar dari harga yang berfluktuasi karena orang yang tidak bertanggung jawab

Mendorong Pertumbuhan Investasi

Tujuan kebijakan fiskal yang terakhir adalah menciptakan iklim investasi yang semakin baik bagi pelaku usaha di pasar modal, utamanya investor. Sehingga dengan pertumbuhan investor yang baik maka negara bisa memperoleh lebih banyak pendapatan dari pajak usaha di indonesia.

Instrumen Kebijakan Fiskal

secara umum ada empat instrumen kebijakan fiskal yang wajib diketahui diantaranya yaitu :

1. Perpajakan

Instrumen pajak merupakan instrument kebijakan fiskal yang paling kuat. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian secara langsung terhadap perubahan prilaku konsumen terhadap suatu produk.

2. Pengeluaran

Belanja yang dilakukan oleh pemerintah berkaitan erat dengan proses pembangunan di suatu negara baik itu pembangunan SDM maupun pembangunan infrastruktur yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

3. Hutang

Dalam upaya negara untuk memenuhi pengeluaran negara maka salah satunya dengan melakukan pinjaman ke negara lain atau ke Lembaga keuangan international dengan cara mengeluarkan surat utang dan obligasi

4. Anggaran

Penerapan anggaran yang tepat untuk menunjang segala rencana pengeluaran dan penerimaan negara dalam jangka Panjang sehingga dapat digunakan untuk menjalankan program pertumbuhan ekonomi.

Contoh Kebijakan Fiskal Indonesia

Sekarang Anda sudah paham apa itu kebijakan fiskal, tujuan, dan instrumennya. Berikut ini adalah contoh pelaksanaan kebijakan fiskal yang terjadi di Indonesia diantaranya yaitu :

  1. Tax Amnesty
  2. Subsidi BBM dan Gas
  3. Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET)
  4. Program Pengungkapan Sukarela
  5. Peningkatkan range pendapatan tidak kena pajak
  6. Penambahan level tarif kena pajak tertinggi

Demikian pembahasan dari FR Consultant Indonesia tentang apa itu kebijakan fiskal, tujuan, instrumen, dan contoh kebijakan fiskal di Indonesia! Kebijakan fiskal adalah salah satu kebijakan ekonomi terpenting yang diterapkan oleh Kementerian Keuangan RI, jadi mari kita dukung terus perkembangan dan penerapannya untuk perekonomian Indonesia.

Jika diantara teman-teman membutuhkan bantuan untuk menjalankan operasional bisnisnya baik itu dari pengelolaan keuangan, pembuatan laporan keuangan hingga pengurusan pelaporan pajak setiap bulannya kami dari FR Consultant Indonesia siap membantu.